MIMO = Multiple-Input Multiple-Output

Posted: June 15, 2010 in news

Mari bicara tentang wireless communication. Lebih spesifiknya, tentang teknologi Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) dalam wireless communication.

Apa Itu MIMO?

Hampir semua orang yang punya laptop atau handphone-tipe-rada-canggih pasti pernah memanfaatkan layanan internet nirkabel, contohnya wireless LAN (WLAN alias WiFi alias hot spot?) yang biasa ada di tempat-tempat umum. Pernahkah Anda merasa, kecepatan browsing internet wireless lebih lambat dibandingkan dengan koneksi berkabel? Sorry to say, tapi memang begitulah kenyataannya. Nah, tujuan utama si MIMO ini adalah meningkatkan data rate wireless communication secara signifikan. Wireless LAN yang tadinya berkecepatan maksimum 54 Mbps, bisa di-makeover sampai 600 Mbps (batas maksimum untuk standar WLAN terbaru–disahkan tahun 2009) bahkan hingga orde Gbps (yang sedang dalam proses penggodokan). Bye bye internet wireless lemot!
Bagaimana MIMO bisa meningkatkan kecepatan ber-internet? Idenya adalah: menambah jumlah antena. Jadi, selama ini, sistem internet wireless kita menggunakan satu antena pengirim (transmit antenna) dan satu antena penerima (receive antenna). Sistem ini disebut SISO, Single-Input Single-Output. Sekarang, bagaimana kalau kita tambah jumlah antenanya? Misalnya, di bagian pengirim ada dua antena, di bagian penerima ada dua antena. Semua antena bisa bekerja pada waktu yang sama. Sistem ini disebut MIMO, Multiple-Input Multiple-Output. Logikanya, dengan menggunakan MIMO, pada setiap saat, jumlah data yang bisa ditransmisikan lebih banyak kan? Karena itulah, data rate akan jauh lebih tinggi. Insya Allah.

MIMO

Oh iya, sebelum lebih jauh, kayaknya gw perlu menambahkan: MIMO bukan hanya untuk internet wireless, tetapi juga bisa untuk banyak aplikasi lain contohnya transmisi TV digital.

Apa Itu STBC?

Judul post ini adalah “STBC-MIMO”. Sebelum gw menjelaskan apa itu STBC, gw ceritakan sedikit mengenai kenyataan pahit yang kita hadapi saat transmisi data. Data yang dipancarkan secara wireless akan mengalami gangguan di udara (atau istilah yang dipakai ketika kuliah: mengalami noise di kanal). Akibatnya, ketika data diterima oleh receiver, terjadi error. Yang dikirim ’0′, yang diterima ’1′. Atau sebaliknya. Ketika kita mentransmisikan data dengan sistem MIMO, resiko error itu semakin besar. Karena antena yang digunakan banyak, kalau sinyalnya saling mengganggu gimana? Di sinilah STBC berperan: untuk mengurangi error.
Kepanjangan STBC adalah Space-Time Block Codes. Nggak perlu ngerti lah maksudnya “space-time block codes” itu apa. Gw juga nggak begitu ngerti -_-. Intinya, ketika menerapkan STBC, transmitter akan mengirimkan data yang sama lebih dari sekali, buat jaga-jaga kalau-kalau data itu kenapa-kenapa di jalan. Hehehe. Kalau receiver menerima data yang “rusak”, dia tetap bisa memprediksi dengan akurat, sebenarnya data aslinya itu apa. Istilah dalam kuliah: melakukan proses decoding data.
Transmitter nggak boleh sembarangan dalam mengirim data. Ada pola tertentu yang harus diikuti. Contohnya, untuk MIMO system dengan dua antena pengirim, dan ada dua macam data yang ingin dikirimkan (A dan B), berlaku pola berikut ini.
• Pada detik pertama (pakai istilah “detik” biar lebih gampang), antena 1 mengirimkan data A, antena 2 mengirimkan data B.
• Pada detik kedua, antena 1 mengirimkan data -B, antena 2 mengirimkan data A.
Yah, nggak persis seperti itu sih, tapi yang penting cukup memberi gambaran bahwa skemanya nggak sesimpel “antena 1 mengirimkan data A dua kali berturut-turut dan antena 2 mengirimkan data B dua kali berturut-turut”. Skema seperti ini disebut transmit diversity.
Seorang jenius bernama Alamouti berhasil menemukan bahwa dengan skema transmit diversity yang tepat, somehow sinyal yang kita kirimkan bisa jadi lebih “kuat” yang artinya tahan terhadap noise. Alamouti berhasil menurunkan secara matematis. Keren banget. Hanya dengan mengatur pola pengiriman data, kita bisa mendapatkan gain tanpa menambah komponen hardware. Fenomena ini disebut transmit diversity gain.

Sumber : http://aidillapradini.wordpress.com/page/3/

Advertisements
Comments
  1. erwin says:

    trim’s utk penjelasannya…utk bahan ajar saya di SMKN 1 Taliwang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s