Memanfaatkan Flashdisk Yang Mati

Posted: September 17, 2008 in Tips

Awalnya seh gara-gara flashdisk mati, kayakya gara-gara virus or jarang nge-unplug or unmount tuh flashdisk, e..jd mati beneran…di windows nge-plug tp gak bisa diformat n gak bisa di pake..akhirnya..karena emg aku orang miskin yg ga bsa bli flashdisk aku cari akal gmana caranya supaya flashdisk kesayanganku itu hidup kembali…**bangkit lagi**
dengan penuh perjuangan akhirnya ku coba pake windows, ternya memang gak bisa diformat, tapi kecerahanku mulai tiba ketika kucuba pake LINUX SLAX-KILLBILL or slax yg lain, pake KNOPPIX jg bisa, or pke linux pa lah, yg penting bisa bootCD or LIVE_CD tp disarananin buat pemula pake SLAX KillBill aja..coz lebih mudah caranya, yg pasti skrg udh di OS LIVECD or LINUX so… Caranya :

1. Coba “colokin” flashdisk pada lubang or tempatnya, Port USB
2. Perhatikan, apakah flashdisk masih terbaca or minimal lampunya
nyala..
3. Buka Console lalu ketik $ CFDISK /dev/sda1 atau /sda__ sesuai
dengan flashdisk keberapa yg kita “colok” ke komputer, tp dr pada
flasdisk yg lain beresiko datanya hilang, maka disaranin agar copot
dulu flashdisk yg lain, so tinggalin flashdisk yg rusak td sendirian.
4. nah..klo dah dicolokin, trus dah diketik $ cfdisk /dev/sda1 terus
Delete or hapus tuh Partisi flashdisk
5. CREATE NEW or buat baru lagi partisi tuh flashdisk yg rusak, trus klo
udah, di WRITE==> trus yes
6. nah..klo udah skrg flashdisk kita dah py partisi baru… bisa diformati
di windows skrg, tp klo yg lbh baik untuk partition table yg lebih
baik, sebaiknya format di LINUX aja.
nah..wat yg mau cuba format di LINUX, untuk hasil yg lebih optimal coba restart dulu komputer tanpa mencopot usb Flashdisk, nah klo dah muncul linuxnya lagi, masuk ke konsol so ketik
$ mkfs.vfat-f32 /dev/sda__
n..wat yg pake SLAX KillBILL kita bisa jg format pake NTFS caranya..liat aja di direktori bin, tuh banyak extension wat format Flashdsik
$cd /bin
$ls
nah tinggal liat deh byak bgt kan..tp yg ada huruf depannya MKFS

sumber : http://linux.or.id/node/2835

Advertisements
Comments
  1. Didin says:

    Mengapa saya coba pke Ubuntu dan Linux Slax-KillBill pada langkah no.3 dinyatakan sebagai perintah tak dikenal??

    terkadang juga muncul acces denied,,,
    mohon bantuannya, karena FD 32 GB bermasalah, jd sayang klo aq buang,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s